Partisipasi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Selama Pembelajaran Daring

Para guru juga disarankan memberikan tugas tidak melulu dalam bentuk soal, namun bisa penugasan yang menyenangkan. Misalnya membaca novel tertentu atau buku cerita apa saja selama tiga hari, kemudian menuliskan resumenya. Misalnya terang Retno, dalam memberikan tugas kepada siswa harus terukur dikerjakan maksimal 30 menit, tidak boleh lebih. Jadi kalau dalam bentuk soal, maka guru dapat mengukur hanya berapa soal yang diberikan. Padahal, topik tentang pendidikan seks bisa dimulai sejak dini, disesuaikan dengan pemahaman anak. Keluarga merupakan lingkungan sosial pertama yang ditemui individu sejak mereka lahir ke dunia.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia menerima pengaduan sejumlah orangtua siswa yang mengeluhkan anak-anak mereka malah stress karena mendapatkan berbagai tugas setiap hari dari para gurunya. Kemungkinan besar, para guru memahami home learning adalah dengan memberikan tugas-tugas secara on-line, dan pengumpulannya pun on-line. Seiring dengan 14 hari belajar di rumah, ternyata tugas yang harus dikerjakan anak-anak mereka di rumah malah sangat banyak, karena semua guru bidang studi memberikan tugas yang butuh dikerjakan lebih dari 1 jam. Akibatnya, tugas makin menumpuk-numpuk, anak-anak jadi kelelahan. Sejumlah sekolah di berbagai daerah di Indonesia sudah diperbolehkan untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka sesuai penilaian dan keputusan pemerintah daerah.

“Saya tidak punya waktu mengembangkan diri dan kesulitan mengoreksi tugas mahasiswa. Mutu mahasiswa yang dihasilkan yang dihasilkan jadi tidak maksimal,” ujar seorang dosen UB. Peningkatan prodi biasanya di ikuti dengan pertumbuhan jumlah mahasiswa. Jika tidak disertai ketersediaan fasilitas dan tenaga pengajar memadai, mutu pendidikan tinggi di institusi tersebut rawan terganggu.

Beberapa masukan bagi orang tua yang kewalahan menjaga anak

Dengan begitu, ia akan termotivasi untuk mengulangi tindakan positif tersebut. Ia juga akan merasakan wujud kasih sayang dan perhatian dari pujian yang diberikan oleh orang tuanya. Banyak orang tua tidak menyadari perlu ada batasan dalam memberikan kenyamanan pada buah hatinya. Anak yang terlalu terbiasa dalam kondisi nyaman cenderung menjadi manja dan tidak bisa mandiri. Bukan berarti Mam harus bersikap keras dan perhitungan kepada anak.

Unjuk rasa dipicu minimnya fasilitas dan bobroknya sistem akademik. Alat praktikum di laboratorium sangat kurang, kapasitas ruang kuliah tidak Slot Game Online memadai, dan kartu hasil studi hingga beberapa semester masih belum tersedia. Festival Nusantara Berrtutur pertama kali diadakan di Indonesia.

Jika dilihat dari hal positifnya sebenarnya saat-saat pandemi ini orang tua justru memiliki lebih banyak waktu bersama anaknya. Lingkungan yang mendukung terhadap bakat dan kreativitas anak, orangtua yang selalu memberikan pandangan positif pada anak, akan dapat membentuk anak menjadi individu yang lebih mandiri dan tidak mudah putus asa. Dukung perkembangan anak dengan memberikan kasih sayang dan kehangatan.

Posted in LIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *