Nasib Sekolah Tatap Muka Di Tengah Lonjakan Covid

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo kembali mengingatkan agar sekolah tak menggelar pembelajaran tatap muka di tahun 2021 jika belum merasa siap. Ia bahkan meminta pembelajaran tatap muka segera dibatalkan seandainya mengancam keselamatan banyak orang. Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menargetkan pembukaan kegiatan belajar tatap muka pada awal Juli 2021 dapat terlaksana.

Sekolah dengan tatap muka dibatalkan

Gunakan metode belajar yang ia sukai guna membuatnya tetap tertarik dengan kegiatan belajar. Dia menjelaskan sanksinya sudah jelas diatur pada perwali nomor fifty one tahun 2020 mengenai penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan. “Sampai saya menemukan sekolah yang melakukan tatap muka, maka yakin mereka akan berhadapan dengan hukum,” tegas Irwan. Menteri Nadiem berharap dalam melaksanakan PTM terbatas, panduan ini dapat disesuaikan dan dikembangkan berdasarkan kondisi sekolah pada daerah masing-masing. Sekolah-sekolah tersebut melanjutkan pembelajaran jarak jauh atau daring.

Berdasarkan Surat Edaran Bupati Banyuasin Nomor 903/DISDIKBUD/2020 tentang belajar dari rumah bagi peserta didik, diinstruksikan kepada Satuan Pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran dengan sistem Daring. Setelah seluruh guru dan siswa dipastikan mendapatkan vaksin Covid-19, barulah pemerintah mengeluarkan rencana untuk membuka kembali PTM. Fadli mengusulkan agar pemerintah melakukan terobosan kebijakan vaksinasi dengan melakukan vaksinasi berbasis sekolah menggunakan knowledge siswa yang dimiliki Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Permohonan ini disampaikan Prof. Zubairi, karena menurutnya saat ini pemerintah belum tepat untuk membuka kembali pembelajaran tetap muka di sekolah, mengingat angka positifity price Indonesia masih di atas 10 persen. Oiya, enggak lupa Nadiem Makarin juga menjelaskan bahwa jika PPKM mikro selesai, maka pihak sekolah berwenang kembali menggelarsekolah tatap muka terbatas. Nadiem Makarim, selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pun memberikan penjelasan terkait sekolah tatap muka Juli 2021.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaima, menyampaikan apresiasinya dalam puncak peringatan HAN 2021. Andi Sudirman berharap agar seluruh anak-anak Indonesia tetap bisa menjaga diri dan kesehatannya di masa pandemi ini. Sementara itu, Menteri PPPA RI, Bintang Puspayoga, juga menyampaikan apresiasinya. Slot Gacor Menurutnya, dalam puncak peringatan HAN 2021 yang mengangkat tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju, menyampaikan jika semua anak di Indonesia memiliki hak yang sama. Forum Anak bekerja sama dengan pemerintah untuk melakukan edukasi dan memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh anak Indonesia.

Pelaku berinisial MI diduga jadi provokator aksi penolakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat di Kabupaten Brebes. Menurut Bupati Grobogan, bansos beras ini diberikan terkait dampak pandemi virus corona atau Covid-19 dalam masa PPKM darurat. Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Hari Wuljanto, juga belum bisa memastikan apakah sekolah tatap muka bakal digelar Juli nanti mengingat tren persebaran Covid-19 yang mengalami peningkatan.

Posted in LIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *