Inovasi Pengelolaan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid

Mengajarkan anak SD di rumah bukanlah suatu hal yang bisa di anggap remeh. Sangat berbeda waktu berada di sekolah, jika belajar di rumah cobalah anda maksimalkanlah waktu yang ada dengan belajar lebih fokus. Supaya anak semakin siap saat menghadapi ujian, pastikan kalo Anda juga tahu tentang jadwal ujian anak. Supaya anda dapat membantu anak untuk belajar menghadapi ujiannya sejak jauh-jauh hari. Anda juga wajib mengingatkan anak agar mencatat semua hal-hal penting yang sudah dia pelajari saat di sekolah, supaya dia bisa mempelajarinya kembali saat di rumah. Hmmm… Mungkin kita terlalu banyak memberikan materi pelajaran yang terlalu serius.

Anak-anak sudah bosan berada di dalam rumah

Hal inilah yang membuat pembelajaran daring belum diterima di masyarakat. Pandemi Covid-19 ini telah mengubah pola pembelajaran yang semestinya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut daring. Hal ini berdasarkan surat edaran dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Pembelajaran jarak jauh ini menuntut anak untuk menguasai materi pembelajaran yang diberikan guru secara on-line.

Salah satu makeup anak yang bisa dipilih adalah Amara Cosmetics for Kids. Rangkaian Makeup dari Amara sangat aman digunakan oleh anak 3-12 tahun, sudah terdaftar di BPOM dan bisa menjadi solusi untuk para ibu agar makeupnya tidak dirusak Si Kecil. Kalau anak Anda suka menonton film detektif atau mata-mata, pasti dia suka dengan permainan ini. Gunakan benang wol atau benang rajut berwarna merah, ikat saling menyilang agar menampilkan kesan seperti pelindung inframerah di museum terkenal. Saat kita mengajak anak major ke pantai, mereka sangat senang bermain dengan pasir. Bermain engklek biasanya dilakukan di luar rumah, namun bila hari sedang hujan kita tentu melarang anak bermain di halaman.

Terhitung sudah setahun lebih sebagian besar anak-anak Indonesia belajar dari rumah karena pandemi. Mereka bahkan tidak pernah bertemu langsung dengan teman-teman di kelas baru mereka. Anda bisa memanfaatkan ruangan dalam rumah maupun taman belakang untuk membuat bioskop mini.

Jika anak sudah bosan dengan kegiatan monoton yang biasa dilakukan di rumah, mungkin ibu-ibu bisa mengajaknya berkreasi dan bermain warna menggunakan Amara Nail Polish. Sudah lebih dari 6 bulan pandemi berjalan, ibu-ibu pasti sudah menjelaskan tentang coronavirus kepada anak-anak, kan? Mereka pasti jadi gampang bosan dan kadang demanding, tidak mengerti bahwa untuk sementara waktu kita nggak bisa bepergian dulu. Selama pandemi ini, orang tua pasti jadi lebih sering mendengar ajakan liburan atau permintaan perpanjangan display screen time dari anak-anak. Sedih memang, karena masa kanak-kanan kan memang masanya bermain.

Keberhasilan mengatasi mood anak pada hari ini belum tentu dapat diterapkan pada hari-hari lain. Kesibukan anak mengerjakan banyak hal juga membuat pikiran mereka terarah. Jauh dari keinginan untuk display Kong4D time di depan gadget atau bermain smartphone.

Posted in LIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *