Anak Bosan Belajar? Ini Tips Mengatasinya

Nah kira-kira seperti itulah upaya yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kejenuhan saat belajar sistem daring di rumah Selama masa Pandemi, Semoga upaya tersebut dapat menepis kejenuhan belajar kamu semua ya…! Itulah pentingnya orang tua mengawasi agar anak tidak sekedar menonton tapi ada aksi untuk terlibat dalam pelajaran,” katanya. Sebagai orangtua, sebaiknya jangan terus-terusan menuntut anak untuk memaksakan kegiatan belajar ketika ia sendiri sudah mencapai batas maksimal kejenuhannya.

Salah satu penyebab anak malas belajar karena suasana yang kurang nyaman. Bisa karena ruangannya panas, gelap, atau karena memang bosan di ruangan yang itu-itu saja. Penting banget kita menciptakan ruangan dan suasana belajar yang nyaman supaya si kecil fokus belajar. Tidak perlu repot, Mama Papa bisa ajak si kecil mendekorasi ulang dan menghias kamar atau ruang belajarnya sesuai keinginannya. Tapi, kalau memang di ruang keluarga hindari menyalakan TV dan beberapa elektronik lain yang dapat mengalihkan fokus anak, ya.

Mengatasi rasa bosan terhadap anak-anak ketika sekolah online

Namun kendalanya tidak semua orang tua dapat mendampingi anak saat pembelajaran daring dengan beberapa alasan, misalnya orang tua bekerja. Hal inilah yang membuat pembelajaran daring belum diterima di masyarakat. Pandemi Covid-19 ini telah mengubah pola pembelajaran yang semestinya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut daring.

Contohnya ketika anak tampak gelisah dan mulai bosan dalam belajar online. Orangtua bisa beralih ke opsi lain yang lebih aktif untuk melatih motorik halus dan kasar bagi anak seperti membantu mengerjakan tugas rumah. Supaya gak bosan belajar di rumah, kamu bisa mencari tempat di rumahmu untuk diubah menjadi tempat belajar. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkkan space teras dan balkon rumahmu untuk dijadikan tempat anak belajar.

Selama melakukan pembelajaran di rumah, terdapat banyak sekali ‘gangguan’ yang mengganggu proses pembelajaran. Godaan untuk menonton video, mengakses media sosial, hingga membaca-baca konten berita. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membuat proses belajar online tidak membosankan. Psikolog Jovita Maria Ferliana mengatakan salah satu cara yang paling penting adalah dengan membagi waktu anak dalam sehari menjadi empat bagian.

“Saat ini dia dipaksa untuk bertumbuh tidak sesuai dengan teori psikososial, jadi bisa dibayangkan. Dia tidak mengalami proses yang regular itu tadi,” kata Nova. Lia, yang bergabung dengan English Club di sekolah mengatakan sering merasa sedih, kesepian, dan putus asa karena harus belajar sendiri di rumah. Mind Mapping adalah konsep belajar dalam bentuk grafis, garis percabangan, gambar maupun kata kunci yang dimana kita akan terbiasa mencatat dan menyusun sebuah materi agar lebih mudah dipahami. Jika mood orangtua tidak terjaga, maka mudah bagi orangtua untuk marah. Jangan lupa, Sahabat NOVA juga harus mengedukasi anak-anak atau remaja tidak perlu berbagi foto diri mereka atau informasi pribadi lainnya untuk mengakses pembelajaran digital untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Sahabat NOVA berhak mengatur pengaturan kontrol pada perangkat online untuk mengurangi risiko, terutama untuk anak-anak prasekolah dan sekolah dasar.

Setiap anak tentunya memiliki reaksi yang berbeda terhadap stres, jadi diharapkan untuk lebih pengertian terhadap anak. Biarkan anak berbicara dengan bebas mengenai berbagai hal seperti ketika mereka cemas soal isu-isu kesehatan yang beredar dan tugas sekolahnya. Pintek merupakan perusahaan teknologi finansial ( Peer-to-Peer Lending ) yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan. Pintek menyediakan akses Slot Gacor dana untuk pelajar / orang tua murid untuk biaya belajar ( uang pangkal, uang semester, SPP, uang kursus, dsb. ), serta lembaga pendidikan dalam pengembangan fasilitas, pengadaan buku, alat peraga, dsb. Dengan layanan ini, Pintek berkomitmen untuk menjadi roda penggerak perkembangan pendidikan Indonesia. Guru tidak stres dengan persiapan tugas dan siswa pun tidak bosan dan jenuh karena metode penugasan yang sifatnya menyenangkan dan menghibur.

Nah, untuk mengusir kejenuhan anak selama ‘stay at home’, yuk, simak tips-tips berikut ini. Banyak guru yang mampu berinovasi dengan metode belajar on-line, sehingga hal ini bisa ditiru. “Ini juga bukan hanya untuk anak tetapi juga bisa untuk sedikit menghilangkan kebosanan untuk keluarga, orang tua, kakak adik,” kata Auliya. Sekolah dari rumah atau school from residence selama pandemi, mungkin bisa menjadi rutinitas yang membosankan bagi anak-anak. Biasanya anak-anak di sekolah bisa berinteraksi sosial dan fisik dengan teman-temannya, dalam kondisi ini, mereka malah harus duduk memandangi layar besar selama berjam-jam. Direktur Sekolah Dasar melanjutkan, pandemi Covid-19 sudah memberikan pembelajaran kepada kita semua untuk bisa beradaptasi dengan kecepatan perkembangan teknologi informasi.

Webinar maupun diklat virtual pemanfaatan teknologi digital untuk pembelajaran daring juga bertebaran. Intinya, semua lini bergerak agar sekolah daring berjalan maksimal. Tetap tinggal di rumah menjadi keputusan paling tepat dan aman demi menjaga kesehatan diri dan orang-orang yang kita sayangi.

Terkait pendidikan di tingkat dasar dan menengah sebagai psikolog Sherly menyampaikan bahwa kondisi wabah Covid-19 ini sekolah tak boleh memberatkan orang tua dan anak seperti harus mengambil tugas di sekolah. “Ini sudah melalui daring, tidak boleh pula memberikan tugas seperti mengetik yang harus menggunakan IT sehingga para siswa ke warnet padahal sedang sosial dintancing. Tugas dari guru juga tak boleh memberatkan dan menjadi beban psikologis. Jangan sampai beban psikologis mempengaruhi imun dan kesehatan anak,” pungkas Sherly. Psikolog dan Praktisi Brainspotting Pamela Anggia Dewi membagikan sejumlah kiat untuk para orang tua, agar si anak terhindar dari rasa jenuh ketika melaksanakan kegiatan belajar dari rumah. Jika tidak dalam pengawasan dan bimbingan, anak tidak bisa memahami pelajaran yang disampaikan.

Posted in LIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *