Pantau Kesehatan Dan Tumbuh Kembang Anak Menggunakan Buku Kia

Dalam jangka panjang, anak yang kekurangan gizi akan memiliki masalah dalam tumbuh kembangnya. Pada masa pertumbuhan, seorang anak perlu mendapatkan nutrisi dan stimulasi yang cukup sehingga ia bisa mencapai tinggi maksimalnya. Di sinilah, peran orangtua diperlukan untuk mengajarkan anak tentang pola makan yang bernutrisi, olahraga, dan istirahat tidur yang cukup. Dalam rangka mengawal tumbuh kembang anak, Anda juga perlu memberikan stimulasi yang tepat. Stimulasi dapat diberikan dengan memberikan permainan yang tepat sesuai dengan usia anak.

Protein hewani seperti ikan daging telur, serta protein nabati berasal dari tumbuhan. Banyak cara yang bisa Anda lakukan bersama anak untuk membantu perkembangannya. Membangunkan anak sahur di bulan puasa memang jadi tantangan tersendiri.

Bagaimana cara agar tumbuh kembang anak menjadi baik

American Academy of Pediatrics menyarankan agar anak berusia 6 sampai 12 tahun harus mendapatkan waktu tidur minimal 9 jam dalam sehari. Kamu bisa memberikan anak Indomilk Susu Bubuk dengan Optinutri yang memiliki three varian rasa, yaitu plain bebas gula, cokelat, dan full cream. Susu ini mengombinasikan kalsium, protein, dan omega 3 yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

Dilanjutkan hingga usia dua tahun dengan pengenalan makanan pendamping ASI yang tepat dan sesuai mulai usia enam bulan, memberikan stimulasi yang tepat serta memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. “Misalnya berat badan terhadap usia, usia 13 bulan berat badannya eight,8kg artinya sudah di bawah -2 standar deviasi, artinya berat badan terhadap umur ini berat badannya kurang. Jika berat badan tidak nambah atau menjauhi lama-lama akan gagal tumbuh, kalau tidak diperbaiki akan jadi stunting karena berat badan tidak naik,” jelas Fitri. Studi menunjukkan bahwa orang tua yang menyediakan dan menekankan pentingnya buah-buahan dan sayuran, memiliki anak-anak yang terbiasa menyantap makanan sehat. Sediakan buah-buahan dan sayuran alih-alih camilan tidak sehat yang mengandung terlalu banyak gula, garam, atau MSG.

Dalam hal-hal tertentu, faktor bawaan di sini termasuk juga kerentanan terhadap penyakit. Misalnya orangtua yang memiliki penyakit gula juga akan menurun pada anaknya, juga penyakit sesak nafas, epilepsi, dan lain-lain. Aspek individu yang bersifat bawaan ini memiliki potensi untuk untuk berkembang.

Oleh karena itu, agar perkembangan otak anak berjalan dengan baik, orang tua wajib memberikan dukungan yang tepat. Jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter jika Anda menemukan kendala terkait tumbuh kembang anak. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami gangguan psychological namun anak pun bisa bermasalah dengan mentalnya.

Hal ini senada dengan yang dikemukakan oleh Parenting Firstcry bahwa faktor penentu tinggi yang penting untuk anak adalah gen, pola makan, dan gaya hidup. Ahli psikologi dari University of California dan University of Maryland mengatakan bahwa anak berusia 5 sampai 11 tahun sedang berada dalam proses perkembangan moral dan kognitif. Untuk membantu anak beradaptasi dan bersosialisasi dengan baik, orangtua harus bisa memberi contoh yang baik. Deteksi dini tumbuh kembang adalah kegiatan atau pemeriksaan untuk menemukan penyimpangan tumbuh kembang pada anak sedini mungkin agar intervensi dilakukan segera, khususnya dalam masa perkembangan emas saraf anak. Sementara, vitamin C telah terbukti dapat mendukung penyerapan zat besi secara optimal Beli Free Spin dalam tubuh.

Pilihan makanan dan nutrisi bagi bayi dan anak merupakan tantangan yang kompleks dan perlu mempertimbangkan berbagai macam faktor, termasuk sosial-ekonomi, lingkungan dan budaya. Diperlukan pendidikan yang berkelanjutan untuk memastikan pengetahuan yang memadai mengenai kecukupan nutrisi dan nutrisi yang sehat. Ya, vitamin A memang baik untuk mata terutama membantu mengembangkan penglihatan dalam kondisi cahaya rendah . Bahan-bahan makanan yang kaya dengan vitamin A seperti wortel, bayam, apricot, brokoli, kubis, minyak ikan, kuning telur, dan lain-lain. Selanjutnya yang terakhir nih, Bun, yaitu perlindungan atau cara orang tua melindungi anaknya dari penyakit, cedera dan polusi. Perlindungan dari orang tua mencakup pemenuhan nutrisi juga imunisasi dan ‘menyediakan’ lingkungan yang bersih untuk anak.

Tahukah Anda, nutrisi selama kehamilan dan dalam tahun pertama kehidupan seorang anak menjadi modal penting untuk perkembangan mereka?. Faktor keturunan memang tidak bisa diperbaiki, tapi bukan berarti kita tak bisa lebih tinggi dari orang tua, lho . “Cinta, perhatian, waktu dan sentuhan dengan bayi kita merupakan bagian paling penting untuk perkembangan aktivitas anak”. Pada tahun 2019, menurut Badan Pusat Statistik, 1 dari 4 balita di Indonesia masih mengalami stunting. Lantas, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk mencegah anak stunting?

Lewat akun Instagram resminya, Kartika Putri mengajak masyarakat untuk segera melakukan vaksin sebagai langkah untuk menghentikan laju Covid-19. Ia juga meminta masyarakat bisa lebih cerdas dalam menyaring informasi, sehingga tidak termakan hoax soal vaksin. “Disiplin masyarakat masih kurang terutama aktivitas masyarakat yang seharusnya hanya sampai jam sembilan malam, tapi banyak yang melanggar,” kata Wali Kota Jefri. Bantuan seperti itu sangat membantu kehidupan mereka di masa seperti sekarang ini. Mengingat, periode 2 tahun pertama ini merupakan masa yang relatif pendek dan tidak akan terulang kembali. Maka dari itu, orangtua harus memanfaatkan periode yang singkat ini untuk membentuk anak ke arah yang positif.

Posted in LIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *