Ini Langkah Pendaftaran Vaksinasi Covid

Kemenkes juga mengimbau agar orang muda untuk mengutamakan keluarganya terlebih dahulu untuk dibawa vaksinasi COVID-19. Vaksinasi COVID-19 untuk kelompok lanjut usia , kelompok umur 60 tahun ke atas, sangat penting artinya. Alasan utamanya karena kelompok lansia yang memiliki fatality rate tinggi terhadap paparan COVID-19. Kendalanya, para lansia tidak bisa datang ke tepat penyuntikan vaksin yang terlalu jauh dari rumahnya. Program vaksinasi merupakan salah satu upaya mencapai kekebalan kelompok dengan goal penduduk yang divaksinasi sebanyak 70 persen.

Meski begitu, bertambahnya lansia dalam program vaksinasi awal tidak akan menambah complete goal vaksinasi sebesar 181,5 juta orang. Target vaksinasi 181,5 juta orang telah menghitung complete penduduk berusia di atas 18 tahun. Vaksinasi untuk lansia tidak akan tertutup untuk menggunakan vaksin Sinovac saja. Saat ini, Indonesia juga masih menunggu kedatangan vaksin Astra Zeneca, Pfizer, dan Moderna. Dia meminta warga proaktif mendaftarkan semua orang tua yang sudah lanjut usia guna mendapatkan vaksinasi Covid-19. Pendaftaran melalui web site tentu akan dimanfaatkan mereka yang melek teknologi.

Informasi lengkap mengenai vaksinasi dan informasi lain terkait Covid-19 bisa kamu dapatkan melalui corona.jakarta.go.id atau aplikasi JAKI. Pre-screening dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan kamu dengan menjawab pertanyaan yang disajikan serta membantu kelancaran proses vaksinasi di lapangan. Bagi lansia yang sudah menerima vaksin harus kembali ke RSUD Kembangan 18 hari setelahnya untuk mendapatkan vaksinasi yang kedua. Dalam proses menerima suntikan yang kedua ini, penerima vaksin cukup membawa surat keterangan berisikan tanda sudah menerima vaksin dan jadwal kedatangan mereka yang kedua. Setelah mendaftar, kata Avy, undangan vaksinasi akan dikirim melalui WhatsApp ke nomor telepon seluler yang didaftarkan.

Kapolresta menjelaskan pengedar sabu-sabu tidak hanya menyasar masyarakat berekonomi menengah ke atas namun juga menyasar masyarakat bawah. Bos ternak semut rangrang yang merugikan ribuan orang hingga miliaran rupiah di Sragen, Sugiyono, dituntut dengan hukuman 10 tahun penjara. Ribuan mitra bisnis investasi semut rangrang milik Sugiyono, warga Sragen, terancam gigit jari karena tak bisa mendapat uang mereka kembali. Pemkab Sukoharjo akhirnya mencabut larangan bus tingkat Werkudara masuk ke wilayah Solo Baru dan tempat-tempat wisata di Kabupaten Makmur.

Pastikan NIK yang kamu masukkan tidak salah dan sudah terdaftar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil , ya. Penyuntikan vaksin akan dilaksanakan di dalam ruangan IGD non infeksius, dan observasi pasca vaksinasi untuk melihat kejadian ikutan pasca imunisasi , misalnya mengetahui apakah ada alergi atau tidak pada penerima vaksin. “Alhamdulillah, selama vaksinasi ini, KIPI sedang hingga berat tidak ada,” katanya. Rumah sakit menyediakan satu tenda untuk tempat menunggu penerima vaksin. Begitu juga tenaga kesehatan yang bertugas, mereka pun turut dilengkapi dengan penutup kepala dan pakaian alat pelindung diri .

“Mulai 19 April 2021, tidak hanya warga lansia Kota Depok, tetapi semua lansia WNI sudah dapat melakukan vaksinasi Covid-19 di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit,” ujarnya. “Kami berharap anggota keluarga dapat membawa orang tua yang berusia 60 tahun ke atas ke pusat vaksinasi lansia,” katanya. Selain untuk lansia, vaksinasi juga diberikan kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang belum mendapatkan vaksinasi di tahap sebelumnya.

Vaksinasi bagi Lansia

Pelayanan vaksinasi ini sendiri melibatkan sejumlah tim tenaga kesehatan dan vaksinator yang berasal Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan RS Hermina Kemayoran. Selain itu untuk mengatur kelancaran kegiatan penyelenggara juga mengerahkan tim yang siap membantu mengarahkan para sasaran mulai dari proses registrasi hingga mereka menerima sertifikat bukti telah divaksin. Di lokasi observasi, penyelenggara dibantu Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiagakan 2 mini ICU, Ambulance berkelling, serta motor Unit Reaksi Cepat keliling guna mengantisipasi apabila ada keluhan dari para peserta vaksinasi. Sementara itu untuk vaksinasi bagi pelaku sektor pariwisata, Kemenkes bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjalin kerja sama dengan Grab dan Good Doctor. Program yang dilakukan juga menggunakan sistem drive thru yang bertempat di Pulau Bali yang ditujukan pada pelaku pariwisata. Layanan ini sudah dibuka mulai sejak Rabu (03/03/2021) lalu dan akan terus berlangsung hingga akhir 2021 mendatang.

Februari ini kita siap 7,5 juta dosis dan bulan Maret kita persiapkan sekitar eleven,4 juta, sehingga tidak ada kendala dari ketersediaan produk,” bebernya. “Untuk peserta yang masuk tahap dua tetapi belum terdaftar, masih bisa melakukan pendaftaran. Di kedua laman tersebut akan tersedia hyperlink atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia.

Jika memang di salatiga sudah bisa, mohon dijelaskan alur pendaftarannya. Apakah bisa datang langsung ke puskesmas terdekat atau puskesmas tertentu di salatiga yang mengadakan vaksinasi. e-ticket), dan/atau Kartu Tanda Penduduk yang akan diverifikasi sesuai dengan tanggal pelayanan vaksinasi yang telah ditentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *