Hikmah Pandemi Covid

Selain itu, tak adanya pengawasan dari guru dan mengharuskan siswa untuk mempelajari materi secara on-line, mengerjakan tugas mandiri, hingga mengunduh materi sendiri juga jadi kendala yang harus dihadapi. Menurut Frida, menciptakan keseimbangan dunia virtual anak dan aktivitas nyata mereka di rumah teta Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 diperlukan. Berkegiatan di rumah ini juga diharapkan mampu menghilangkan kejenuhan anak. Menguasai diri dan gaya Belajar seperti apa juga harus di tentukan karena hal itu akan sangat membantu apakah kita harus belajar di tempat keramaian ataukah di tempat yang sepi agar lebih menambah kefokusan kita saat belajar daring.

Bahkan tak sedikit, keluarga siswa yang harus kehilangan penghasilan yang diakibatkan adanya pandemic Covid 19 ini, sehingga mereka juga harus sangat jeli dalam mengatur pengeluaran keuangan. Hal-hal seperti inilah yang akhirnya juga berdampak pada semangat belajar siswa, ketika si anak merasa fasilitas belajar kurang mencukupi maka ia akan merasakan menemukan kendala dan malas untuk melanjutkan proses belajarnya. Pada masa pembelajaran jarak jauh atau daring, sangat dibutuhkan partisipasi orang tua agar pembelajaran ini dapat terlaksana dengan optimal. Dalam pembelajaran daring, orang tua merupakan rekan kerja guru dalam mengajar anak-anak di rumah.

Pasalnya untuk belajar, puteranya itu harus mendaki ke puncak sekitar 200 meter dari rumah untuk mencari jaringan internet yang bagus. JAKARTA – Berawal dari rasa bosan yang terus menerus hingga merasa kesepian dan puncaknya stres dirasakan sejumlah siswa selama pandemi Covid -19. Agar belajar lebih seru kita bisa memanfaatkan fasilitas teknologi seperti google, line, whatsapp untuk berdiskusi. Selain belajar menjadi asik dan tidak membosankan, kita akan mendapat ilmu tambahan yang tidak kita mengerti saat guru menjelaskan suatu materi. Sahabat NOVA bisa mencontoh kegiatan seperti melakukan tugas rumah bersama yang juga merupakan bentuk pengembangan fungsi motorik halus dan kasar bagi anak.

Mengatasi rasa bosan terhadap anak-anak ketika sekolah online

Guru sebagai ujung tombak pendidikan melakukan berbagai upaya seperti menerapkan pembelajaran jarak jauh melalui media Group Whatsapp, Google Classroom, Moodle, dan aplikasi belajar on-line lainnya. Untuk pembelajaran secara sinkronus guru juga memanfaatkan media Google Meet, Zoom Cloud Meeting, Cisco Webex dan lain sebagainya. Saat ini banyak sekali sumber belajar on-line serta konten ilmu yang terdapat di internet.

“Tapi disaat jeda itu mereka benar-benar tidak melihat laptop atau gadget-nya. Di rumah orang tua bisa mengajak mereka masak, main puzzle atau melakukan kegiatan lain yang menyenangkan,” lanjut Frida. Parents tentu perlu memahami emosi anak ketika ingin membangun jembatan komunikasi yang baik saat mendampinginya belajar jarak jauh. Perhatikan apakah ia bosan dan mengantuk atau justru sudah bisa membangun fokus dengan baik saat belajar. Menurut Jacob, faktor pertama yang menyebabkan siswa mengalami kejenuhan belajar adalah karakteristik pribadi. Pengertian karakteristik disini yaitu suatu sifat, kebiasaan atau karakter yang melekat pada pribadi individu. Faktor karakteristik diri ini sangat luas sekali wilayahnya dalam menentukan kejenuhan belajar.

Posted in LIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *