Bagaimana Cara Tepat Menangani Anak Takut Air

Dengan begitu, jaket pelampung dapat Anda gunakan dalam jangka waktu yang panjang. Jika Anda berkesempatan untuk memperkenalkan aktivitas bermain air di alam, Anda akan membutuhkan jaket pelampung. Jaket pelampung atau dikenal dengan life vest merupakan pilihan tepat untuk penggunaan di laut, sungai, ataupun danau. Kekurangannya adalah anak tidak bisa leluasa bergerak dan sulit untuk membebaskan diri saat pelampung terbalik. Karena itu, sebaiknya pelampung ini digunakan di dalam pengawasan orang dewasa.

Misalnya selalu membantu atau mendukung, setelah Si Kecil berusaha terlebih dahulu untuk melakukannya sendiri. Untuk itu, anda perlu santai sejenak dengan mencari kegiatan menyenangkan, seperti hobi, di luar dari aktivitas rutin anda. Jangan melamun, itu bisa memberi ruang untuk pikiran kembali mengingat kenangan buruk. Tidak sedikit anak kecil merasa takut bila sudah melihat air dengan kapasitas terlalu banyak. Sehingga penting untuk bunda memperkenalkannya sejak dini agar ia terbiasa dengan air tanpa rasa takut.

Jika kondisi jiwa sedang tidak karuan karena trauma, yang harus dilakukan adalah menjaga badan untuk tetap sehat. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah kewajiban kita semua dalam menghadapi era Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 new regular. Pastikan untuk selalu menerapkan cara hidup sehat di manapun Anda dan keluarga berada.

Pastikan Anda sekeluarga sehat dan tidak sedang sakit sebelum memutuskan untuk berekreasi. Jika Anda sedang sakit, misalnya batuk, pilek atau demam, ada baiknya Anda beristirahat di rumah sampai keluhan hilang. Selain menjadi sumber penularan bagi orang lain, orang yang sakit juga memerlukan istirahat agar dapat segera pulih. Ini bisa menandakan apabila otot kaki, tangan serta leher sudah kuat. Disini syaraf motoriknya juga sudah mulai berkembang dengan baik. Biasanya, bayi sendiri sudah bisa mulai merangkak ketika usianya sudah menginjak 6 bulan.

Cara agar anak tidak takut berenang

Jangan lalukan itu sendiri, jika strategi sederhana seperti di atas tampaknya tidak berhasil segera hubungi dokter, psikolog atau instruktur renang untuk mendapatkan saran. Penting untuk tidak membiarkan anak merasa takut pada air dan mencobalah untuk mengajari anak berenang dan lakukan sedini mungkin. Untuk dapat menolong Si Kecil mengatasi rasa takut airnya, orang tua terlebih dahulu harus tahu apa penyebab anak takut air. Nah, kalau anak sudah terbiasa dengan air di kaki, ajak anak masuk ke kolam melalui anak tangga. Lakukan dengan sabar, satu per satu anak tangga hingga air mencapai perut dan leher anak.

Kedua, hindari mengajak si kecil berenang saat kolam renang dalam keadaan kosong karena akan membuatnya tambah takut. Masuklah ke kolam renang seperti biasa dengan kaki terlebih dulu agar terlihat alami dan mudah diikuti oleh si kecil. Pertama saya membuat anak-anak menyukai dulu air, sehingga perasaan mereka senang saat belajar renang. Setelah mereka tidak takut dengan air dan merasa berani, maka selanjutnya masuk ke tahap gerakan kaki yang saya ajarkan menggunakan alat pelampung badan dan papan renag. Sehingga anak2 tersebut tidak takut tenggelam, jika gerakan kaki sudah bisa dan benar. Maka yang di ajarkan gerakan tangan, kalo gerakan tangan sudah bisa.

Diameter lubang yang terlalu kecil dapat menyebabkan sesak dan ketidaknyamanan pada anak. Sebaliknya, tubuh anak berisiko merosot dan lepas dari pelampung jika diameternya terlalu besar. Pelampung berbentuk huruf O atau swim ring ini adalah pelampung yang umum dan sering ditemui di pasaran.

Penelitian yang dilakukan di Norwegia juga mencatat bayi yang diajarkan berenang sejak dini memiliki kemampuan keseimbangan fisik serta koordinasi yang lebih baik. Disamping itu, sangatlah penting bagi seorang anak untuk dapat berenang agar anak tidak tenggelam. Kunci untuk mengatasi rasa takut dan cemas adalah dengan menghadapinya, bukan menghindarinya. Pastikan Ayah dan Bunda menyampaikan pada Si Kecil bahwa tidak ada yang harus ia takuti, ia dalam keadaan aman, dan semuanya akan baik-baik saja. Rasa nyaman lama kelamaan akan meningkatkan pertahanan mentalnya dan ia pun akan bisa mengalahkan ketakutannya.

Pelampung tidak menjamin anak tidak akan tenggelam walaupun sudah memakainya. Kehadiran orang dewasa tetap penting untuk mengawasi dan memperhatikan setiap gerak anak. Pilihlah produk yang sesuai untuk anak dan jangan lepaskan pandangan Anda saat anak berada di dalam air.

Kegiatan ini juga bisa menumbuhkan ketertarikan anak untuk mengenal hewan dengan lebih baik. Jika sang anak tingginya kurang dari satu meter, hewan kecil terlihat besar dan hewan yang lebih besar terlihat menakutkan. Hal ini membuat anak memikirkan bahaya yang bahkan tidak terlintas dalam pikirannya sebelumnya. Bila kamu merasa kesulitan untuk menerapkannya, jangan memaksakan diri.

Posted in LIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *